struktur bangunan

Semen mortar adalah bagian penting yang tidak boleh dilupakan dalam sebuah proyek atau pembangunan. Kenapa harus mortar? Mortar tidak bisa terlepas dengan sebuah proyek bangunan sebab memiliki keunggulan tertentu sehingga peranannya jarang bisa digantikan oleh material jenis lain. Nah, penasaran apa saja keunggulan dari mortar ini, berikut pembahasannya.

10 Keunggulan Semen Mortar untuk Kekuatan Struktur Bangunan

Sebagaimana yang diketahui, mortar menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah proyek. Dalam sebuah proyek, pemilihan mortar harus didasarkan pada sifatnya yang mudah dikerjakan, kuat, mudah kering, tahan lama, bisa mengikat dengan baik, dan terjangkau. 

Sementara, untuk keunggulan dari semen mortar sendiri adalah sebagai berikut.

1. Memiliki daya rekat tinggi

Keunggulan pertama pada mortar yakni memiliki daya rekat tinggi sehingga tidak heran jika mortar banyak digunakan untuk material tambahan pada campuran konstruksi tertentu.

2. Mobilitas bagus

Mortar yang bagus tentu memiliki kemampuan mobilitas yang bagus pula sehingga pengaplikasiannya akan mempermudah tukang untuk membuat permukaan menjadi lebih halus dan merata.

3. Bisa diaplikasikan untuk berbagai macam bangunan

Nah, keunggulan satu ini tentu sudah bukan rahasia lagi sebab hampir semua bangunan yang berdiri membutuhkan peranan mortar.

4. Bisa menahan rembesan air hujan

Di beberapa penerapan, mortar juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk menahan rembesan air hujan dengan sangat baik.

5. Memiliki kemampuan penyimpanan air yang baik

Bahkan, masih banyak pihak yang memanfaatkannya sebagai material membuat tempat penyimpanan air. Sebab, sifatnya mampu menyimpan air dengan baik.

6. Deformabilitas rendah

Mortar yang bagus tentu memiliki keunggulan berupa daya penyusutan, peregangan, hingga pemuaian yang rendah.

7. Waktu pengeringan cepat

Keunggulannya yang memiliki sifat cepat kering dan perekat yang baik membuat mortar dijadikan sebagai campuran beberapa komposisi di dalam konstruksi.

8. Tahan lama

Keunggulan mortar lainnya adalah tahan lama sehingga cocok diaplikasikan pada bangunan yang hendak difungsikan dalam jangka panjang.

9. Berperan sebagai spesi yang baik

Selain beberapa keunggulan di atas, mortar juga unggul sebagai spesi atau pengisi rongga yang baik.

10. Kehalusan maksimal

Nah, sebelum finishing, seringkali bangunan dilakukan pengacian menggunakan mortar bukan? Hal ini dilakukan sebab mortar memiliki keunggulan berupa sifat halus maksimal berfungsi untuk plester bangunan.

Itulah keunggulan semen mortar yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.