Setiap menjalankan bisnis, Anda pasti butuh loyalitas pelanggan. Tujuannya agar perusahaan bisa memperoleh omset yang lebih optimal. Sayangnya tidak semua pebisnis paham tentang hal ini. Sebenarnya tips meningkatkan loyalitas pelanggan  itu mudah, inilah tipsnya? 

Customer Loyalty Adalah ? 

Customer loyalty/loyalitas pelanggan/kesetiaan pelanggan merupakan kondisi pelanggan secara konsisten dan rutin melakukan pembelian jasa dan produk yang ditawarkan. Bisnis yang memiliki pelanggan setia, maka penjualan mudah dijalankan. 

Dilansir dari Marketing Metrics, orang yang pernah membeli sesuatu di sebuah toko, memungkinkan orang tersebut membeli ulang di masa mendatang. Kemungkinan kesempatan bisa mencapai 60-70%. Menurut dari forbes.com, kesempatan pelanggan setia mencoba produk baru lebih tinggi. 

Alasan ini membuat banyak perusahaan berlomba-lomba mencari program loyalitas pelanggan demi mewujudkan omset yang baik. 

Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 

Demi mendapatkan loyalitas pelanggan, Anda bisa praktikkan tips berikut : 

1. Memberi Reward Kepada Pelanggan yang Loyal 

Bentuk apresiasi dengan memberikan reward bisa mempertahankan pelanggan dan bisa membuat pelanggan kembali membeli produk tersebut. Hal ini ternyata bisa menjadi bentuk promosi secara tidak langsung kepada pelanggan baru. Sehingga waktu mereka kepo dan

2. Cepat dan Ramah Melayani Pelanggan 

Anda wajib melayani pelanggan dengan ramah dan cepat. Pelayanan ini menjadi nilai tambah yang menarik minat pelanggan tetap stay di produk Anda. Misalnya, ketika pelanggan tanya stok, komplain, tanya harga, dan sebagainya. Jawab dengan baik dan berikan solusi supaya pelanggan lebih open minded dengan bisnis Anda. 

3. Konsisten Memberikan Pelayanan Terbaik 

Misalkan, Anda selalu sigap melayani pelanggan selama 24 jam penuh, maka pertahankan pencapaian ini agar loyalitas pelanggan terus meningkat. Pelanggan yang semakin puas akan menjadikan produk Anda sebagai prioritas mereka. Selalu searching ide kreatif, inovatif demi pelayanan yang lebih baik lagi. 

4. Memberikan Promosi kepada Pelanggan 

Sebaiknya berikan sapaan keakraban sebagai bentuk profesionalitas, sopan santun, serta keramahan Anda kepada pelanggan. Namun, jangan berlebihan memberikan pemberitahuan tentang promosi atau produk Anda. Spam yang Anda kirim bisa membuat pelanggan muak dan kesal. 

Itulah Cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang bisa Anda praktekkan. Segera buat cara inovatif supaya lebih dekat dengan customers. Tingkatkan juga omset perusahaan dengan insight yang lebih baik dengan loyalty program indonesia dari OttoPoint. Semoga membantu.